Review Fitur, Bug Samsung A50 Update Android 10

Link sudah terenkripsi, bertujuan agar link aman untuk dikunjungi. Tunggu hingga loading selesai

Review Fitur Terbaru dan Bug Samsung A50 Setelah Update Android 10 (7 April 2020)

celotehanhakim.blogspot.com - Seminggu sudah pemakaian saya Samsung A50 setalah update android 10 pada tanggal 7 April kemarin, banyak hal yang saya rasakan, dari bertambahnya fitur baru hingga bug yang saya alami sendiri. Nah hal itu lah yang akan saya ceritakan agar bisa menjadi pertimbangan bagi user A50 yang mungkin masih belum melakukan update.



Sebelum memasuki pengalaman saya terkait fitur baru dan bug yang saya temukan, akan saya ceritakan kronologinya dulu sebelum melalukan update android 10 Samsung A50 ini.

Awal bulan April Samsung Member dan beberapa grup A50 disosial media telah ramai, sebab India ternyata sudah merilis android 10 kepada Samsung A50nya. Banyak yang memposting dan sekedar berdiskusi kapan kira-kira dinegeri tercinta ini akan segera merilisnya.

Beberapa kawan yang merasa jenuh menunggu akhirnya dengan berani melakukan flashing sendiri via odin FW dari India kepada ponsel Samsung A50nya, memang bisa? Jawabnya bisa kok, tetapi terkadang ada sedikit hal yang berbeda tapi tidak berpengaruh bagi yang nekat.

Pengalaman sendiri saya juga pernah flash FW luar dari India juga tetapi ke Samsung J5 Prime beberapa tahun silam, dan tidak ada kendala berarti, paling nemu bug ya yang minor saja.

Lanjut kecerita A50 dulu, dari postingan update FW India tersebut, banyak anak yang polos bertanya, apakah aman? Apakah bisa? Apakah tidak merusak ponsel? Dari sini saya mengerti antusiasme penguna Samsung A50 untuk segara ingin mendapat update.

Jelang beberapa hari FW Korea dan FW Malaysia rilis juga Android 10, hal ini sedikit menjadi titik terang bagi saya, "yak kurang bebarapa hari yakin Indonesia rilis" sebab dulu juga begitu, selang 3 hari setalah FW Malaysia rilis ganti FW negara tercinta.

7 April 2020, tepat sekitar jam 3 sore ada notifikasi update Android 10 tersedia, wallaaaaa yang ditunggu datang juga. Kembali ramai dengan memberi kabar bahwa update sudah tersedia, silahkan sesegera.

Walau ada yang sesegera update, ternyata tidak sedikit pula yang memilih menunggu untuk melihat bagaimana rasa setelah update, ya itu pilihan masing-masing sih.

Saya sendiri jam 5 sore baru melakukan update, sempat terhitung cepat sekali sebab hampir 2GB tetapi hanya 10 menit bisa sampir 75%, dan wkwkwkwk saat detik-detik mau akhir yaitu 25% selesai tiba-tiba kecepatan unduhnya menurun.

Saya putusankan untuk melanjut esoknya sambil kembali memantau Samsung Member dan juga grup A50, banyak yang cerita fitur baru terutama gestur terbaru yang swipe kanan swipe kiri dan swipe atas itu kataya asik.

Tetapi ada juga yang mengeluh peforma bermain gim menjadi menurun, panas dan ada lag padahal diandroid 9 tidak ditemukan.

Paginya tanggal 8 April 2020, selepas update ponsel Samsung A50 saya resmi dengan sistem yang baru android 10, jujur tidak terlalu mencolok perubahan dari android 9 ke android 10. Tetapi rasanya cukup asyik.

Nah sekarang resmi 1 minggu saya memakainya, apa saja yang saya rasa? Fitur baru? Yang paling asyik? Lalu apa bug yang ditemui di Samsung A50 update android 10?

Oke akan saya ceritakan fitur terbaru A50 dulu ya

1. Gesture

Nah inilah yang paling saya sukai, adanya gesture baru pada Samsung A50 ini menjadikan rasanya lebih asyik untuk memakainya, swipe kanan kiri untuk kembali, swipe atas cepat untuk kehome dan swipe atas agak lama untuk recent app.

Hal ini memberikan pengalaman baru yang asyik dan menyenangkan bagi user A50, benar tidak?

2. Kalender Mood

Nah selanjutnya adalah terkait bisa memberikan stiker mood pada tiap tanggal yang kamu anggap penting.

3. Perekam Layar Bawaan

Yang dulu sempat harus install dari luar walau dengan aplikasi dari Samsung untuk mendapatkan perakam layar, nah hal ini dijawab dengan diberikannya perakam layar di A50 pada saat update.

Jadi kamu bisa merekam layar dengan lebih leluasa dan langsung diedit.

4. Kebiasaan Digital Baru

Kebiasaab digital sekarang fiturnya lebih lengkap dan tampilan yang intuitif, kamu bisa mengetahui detail kebiasan digitalmu diponsel, kamu juga bisa membatasi pemakaian mana saja yang layak dibatasi.

Sehingga kesehatan jiwamu terjaga, tidak ada candu dengan aplikasi diponsel androidmu.

Selain itu kamu juga bisa menjadikan tampilan ponsel A50mu menjadi hitam putih layaknya koran disini, dengan tujuan agar kamu bisa bosan dan sedikit mengurangi pemakaian ponselmu.

5. Perawatan Perangkat Baru

Perawatan ponsel disini lebih lengkap keterangannya, kamu bisa mengetahui detail pemain apliaksi terhadap daya, keamanan perangkatmu dan juga yang lainnya.

6. Kunci Layar Dinamis

Kamu tahukan fitur dimana setiap layar dihidupkan pada posisi terkunci lalu wallpapernya berubah-ubah? Nah hal ini akan kamu temui di Samsung A50 setelah update Android 10 loh!

Bahkan tiap minggunya gambar yang tersedia akan otomatis diperbaharui loh, kamu tinggal memilih kategorinya saja, misal kategori hewan maka yang muncul adalah gambar hewan dan disetiap minggunya akan selalu hadir yang baru secara otomatis.

7. Sambungkan Langsung pada Komputer

Menyambungkan layar android kamu langsung ke Konputer, nah hal ini akan lebih mudah kamu temuka di Samsung A50 setelah update, kamu tingga manfaatkan menu tautkan ke Windows.

8. Reload Tab

Kunci recent aplikasi mana saja yang tidak ingin kamu hapus, bila kamu hapus maka kamu bisa mengembalikan dengan fitur reload app.

9. Notif kecil baterai saat diisi daya

Dan fitur keren lainnya adalah notif pengisian baterai, saat ponsel tidak dalam keadaan off, kamu tidak perlu lagi pencet tombol/ketuk dua kali untuk tahu progres seberapa baterai terisi.

Sekarang kamu bisa memantau langsung dilayar, sebab ada notif kecil progres pengisian daya, kalau sudah 100% akan berubah warna menjadi hijau.

10. Animasi Baru

Animasi yang saya maksud bukan animasi gambar diwallpaper ya, tetapi animasi gulir dan tutup aplikasi, hal ini mungkin tidak terlalu berasa, tetapi secara tidak langsung memberikan pengalaman baru.

Selanjutanya setelah fitur baru yang saya rasakan, maka akan saya ceritakan bug yang saya alami.

Bug A50 yang saya rasakan

1. Wallpaper Gerak yang Hilang

Kamu pengguna wallpaper yang bisa ponsel digeser kanan kiri wallpapernya akan bergerak mengikuti gerakan? Yap rupakan pada Android 10 hal ini dihilangkan loh, cukup terasa terutama buat saya yang dulu selalu memakai ini.

2. Hotspot Sambung Laptop Tidak Terdeteksi

5 hari selepas pemakaian A50 update android 10, ternyata hotspot yang biasa saya sambungkan ke laptop HP Win 8.1 tidak terdeteksi.

Saya mulai bingung, sebab saat saya sambungkan ke J5 Prime dengan hotspot A50 terdeteksi maka fix juga bukan ponsepnya pikirku, atau saat J5 Prime hotspotnya saya sambungkan ke laptop juga ternyata masih ada, berarti fix saya pikir bukan karena laptopnya.

Browsing sana sini, ada masukan untuk reset jaringan mulai di A50 atau di laptop juga sudah saya lakukan. Reset ponsel A50 juga sudah saya laksanakan.

Bahkan ekstrimnya uninstall driver wifi pada laptop lalu install ulang juga sempat saya kerjakan, tapi hasilnya? Ternyata tetap nihil. Sampai sekarang saya belum menumukan solusinya.

Tapi anehnya, saat saya sambungkan hotspot A50 ke laptop HP Win 7 kok terdeteksi? Tambah anehkan?

Saya berharap problem atau bug ini segera ditemukan solusinya oleh pihak Samsung, entah update minor buat penyempurnaan android 10 atau yang lainnya.

Sebab saya menemukan banyak keluhan sama di Samsung Member dan grup A50 pada sosial media.

3. Cepat Panas dan Boros Baterai

Cepat panas, ada yang bilang ini relatif pemakaian sih, iya juga. Tetapi berdasarkan standar pemakaian saya saat android 9 berbanding android 10 ini saya merasakan adanya perbedaan, dimana android 10 Samsung A50 ini terasa cepat panas.

Apa mungkin sebab banyak aplikasi berjalan dilatar belakang? Kalau ada yang bilang, silahkan aplikasi dinonaktifkan, hal itu sudah saya lakukan, tetapi kembali berjalan lagi setelahnya .

4. Kurang Responsif

Lag bermian gim dan kurang respon saya temukan, terutama saat pengetikan yang rasanya ada jeda lebih, lalu buka tutup aplikasi yang kadang lama.

5. Boros pemakaian RAM

Boros RAM? Memang benar, dulu saat masih android 9 umumnya saya bisa menyisihkan 1, 3 sampai 1, 4GB padahal belum saya optimalkan.

Tapi sekarang? 700MB hingga 900MB sering saya temukan.

6. Mode Lebar Kamera

Saya yakin sempat ada yang berpikir mode lebarnya hilangkan ya? Sebenarnya bukan hilang tetapi saat kamu mengaktifkan mode 25 megapixel maka mode lebar tidak bisa diaktifkan.

Jadi kamu perlu ke mode 13 megapixel baru fitur model lebar bisa kamu temukan, hal ini sebenarnya bukan bug sih, cuma saya masukan bug siapa tahu update selanjutnya fitur ini dirubah agar bisa langsung ke mode lebar saat masih pada mode 25 megapixel seperti saat android 9.

Nah itulah cerita saya terkait android 10 pada Samsung A50, semoga bisa menjadi referensi kamu untuk update atau bahkan tidak update.

Sebenarnay bisa dimaklumi kalau diawal update sistem baru ditemukan bug, sebab biasanya akan diperbaiki lagi dengan digulirnya update minor selajutnya.

Penulis @hakimlfc13

2 Responses to "Review Fitur, Bug Samsung A50 Update Android 10"

  1. Berarti lain kali klo ada notif update nunggu yang lain aja dulu yah, sapa tau ada bug yang bikin performa hp malah jadi menurun meski ada yang lain meningkat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener bang Day, biasana update pertama kali dari 9 ke 10 maka sering ada bugnya, wkwkwk dan umumnya akan sempurnakan update patch selanjutnya. Kalau mau aman sih biarkan teman yang update dulu, lalu kita tanya "update terbaru aman ngak?" Kalau dijawab akan ya gasss..

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel