Cara Membuat Tanaman Cepat Berbunga

Link sudah terenkripsi, bertujuan agar link aman untuk dikunjungi. Tunggu hingga loading selesai

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Hallo sahabatku, kembali lagi di Blog Deboa. Cara membuat tanaman cepat berbunga dapat di lakukan dengan sangat mudah yaitu selain mengenali apa saja yang menjadi hambatan dan penyebab tanaman tidak kunjung berbunga yaitu dengan mengatasinya menggunakan pupuk dan pemberian hormon. Kedua hal ini tentu saja harus diperhatikan, karena saat Anda memiliki taman yang dipenuhi tanaman berbunga, tentu saja taman tersebut akan terlihat lebih indah, rimbun, dan nyaman. Selain Anda puas dengan hasil tanam Anda, tanaman berbunga tersebut juga dapat memberikan keuntungan, yaitu sebagai tanaman hias bunga yang menghiasi halaman rumah Anda. Namun ternyata tidak semua tanaman berbunga dapat memunculkan bunganya dengan tepat waktu atau bahkan secara terus menerus. Biasanya hal tersebut di karenakan oleh faktor faktor yang tidak mendukung keberadaan tanaman bunga tersebut. Lantas bagaimanakah agar tanaman cepat berbunga?

Jawabannya akan anda temukan pada ulasan di bawah ini yang memberikan informasi lengkap untuk mempercepat proses pembungaan pada tanaman bunga anda. Tidak hanya pada tanaman berbunga saja namun juga pada tanaman buah yang membutuhkan proses pembungaan tepat waktu agar pembuahan juga dilakukan secara tepat waktu. Bagi anda yang ingin tahu bagaimana langkah langkahnya dan metode apa saja yang digunakan, maka langsung saja simak ulasan di bawah ini.


Penyebab Tanaman Tidak Cepat Berbunga

Sebelum mengetahui bagaimana cara untuk mempercepat tanaman berbunga, maka kita harus kenali lebih dulu dan ketahui apa saja yang menjadi penyebab tanaman tidak lekas berbunga. Hal ini dapat membantu anda untuk bersikap tentang bagaimana dan apa yang seharusnya anda lakukan terhadap tanaman tersebut. Karena setiap tanaman yang tidak cepat berbunga belum tentu disebabkan oleh penyebab yang sama. Oleh sebab itu berikut ini adalah beberapa masalah yang menjadi penyebab tanaman tidak kunjung berbunga.

Penempatan Tanaman

Anda harus memperhatikan bagaimana tempat dan lokasi tanaman. Apakah sudah terjangkau oleh sinar matahari yang cukup. Jika belum maka segera pindahkan tanaman tersebut untuk mempercepat proses pembungaan. Tanaman memang akan sulit berbunga ketika kekurangan cahaya dari sinar matahari. Intensitas cahaya yang baik untuk tanaman adalah cahaya matahari di pagi hari. Jadi letakkan tanaman anda pada pencahayaan di pagi hari dan hindari pencahayaan pada siang hari yang dapat membuat tanaman menguap, gosong, layu, hingga membuat tanaman mati.

Daun Terlalu Rimbun

Apabila tanaman memiliki daun yang terlalu rimbun, biasanya proses pembungaan akan menjadi lambat sehingga tanaman tidak lekas berbunga dengan cepat. Anda dapat mengatasi hal ini dengan cara memangkas tanaman secara rutin dan terlebih pada masa tanaman berbunga.

Media Tanam

Media tanam yang teksturnya keras dan tidak memiliki unsur hara yang cukup dapat menjadi penghambat proses pembungaan. Oleh sebab itu, Anda dapat menggemburkan tanaman atau mengganti media tanam lama dengan yang baru. Pemberian tambahan pupuk untuk menyuburkan tanah juga dapat menjadi nutrisi bagi tanaman.

Tips Agar Tanaman Cepat Berbunga

Agar tanaman cepat berbunga maka letakkan tanaman pada tempat terbuka agar memperoleh cahaya dari sinar matahari. Kemudian apabila terdapat tangkai tanaman yang sudah layu maka jangan dibiarkan begitu saja, segera potong dan buang agar tunas baru dari tanaman cepat muncul. Tanaman juga cepat berbunga apabila diberi pupuk yang sesuai dengan kondisi tanaman, jika masalahnya adalah tanaman tidak kunjung berbunga maka beri pupuk perangsang proses pembungaan yang dapat diberikan secara langsung pada tanah dan dapat juga pada daun tanaman.

Untuk pemberian pupuk dapat diawali dengan pupuk yang mengandung unsur nitrogen (N) dengan kadar yang tinggi. Pupuk ini nantinya berguna untuk membentuk tumbuhnya tunas cabang dan membuat tunas cabang menjadi banyak. Setelah itu lakukan pemupukan untuk merangsang pembungaan dengan menggunakan pupuk fosfor (P) dengan kadar yang tinggi agar pucuk bunga segera mengeluarkan kuncup bunga.

Apabila struktur tanah kurang baik maka dapat diperbaiki dengan menggunakan pupuk dari sekam padi dan berikan juga pupuk kompos sehingga tanah menjadi gembur. Tidak semua tanaman dapat dipaksa untuk berbunga secara terus menerus sehingga apabila tanaman menjadi enggan berbunga maka segera berikan vitamin yang memiliki kandungan lebih lengkap baik dari kandungan unsur haranya serta mineralnya. Untuk dapat mengontrol tumbuh kembang tanaman, akan jauh lebih baik jika tanaman langsung ditanam menggunakan tanah.

Penyiraman juga sangat penting dan harus diperhatikan. Banyak yang beranggapan bahwa tanaman akan sehat jika rajin disiram, namun hal tersebut adalah salah. Justru tanaman yang sering disiram dapat menghambat terjadinya perkembangan akar sehingga akar tanaman bisa saja menjadi busuk karena kelebihan air. Namun tanaman yang kekurangan air juga tidak baik dan juga menghambat proses tumbuh kembang tanaman. Oleh sebab itu takaran penyiraman harus direka-reka. Jika tanaman masih basah sebaiknya tidak dilakukan.

0 Response to "Cara Membuat Tanaman Cepat Berbunga"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel