Langkah Mudah Menyusun CP, ATP, dan Modul

Link sudah terenkripsi, bertujuan agar link aman untuk dikunjungi. Tunggu hingga loading selesai

celotehanhakim.blogspot.com -  Proses penyusunan Kurikulum Pembelajaran (CP), Alat Penilaian (ATP), dan Modul dapat melibatkan beberapa langkah. Berikut adalah langkah-langkah umum untuk menyusun ketiga elemen tersebut:

1.      Identifikasi tujuan pembelajaran dengan mentukan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai oleh siswa. Tujuan ini harus jelas, terukur, tercapai, relevan, dan dapat dijadwalkan (SMART).

2.      Analisis kebutuhan siswa, dengan mengidentifikasi kebutuhan dan karakteristik siswa, termasuk tingkat pemahaman mereka, gaya belajar, dan minat.

3.      Penentuan materi pembelajaran, pilih materi pembelajaran yang sesuai dengan tujuan dan kebutuhan siswa. Pilih metode pengajaran dan strategi pembelajaran yang tepat.

4.      Penyusunan struktur kurikulum, susun struktur kurikulum dengan menentukan urutan pembelajaran dan hubungan antar topik. Pastikan adanya keterkaitan dan progresi yang logis.

5.      Penyusunan ATP, langkah pertama dengan mengidentifikasi metode penilaian yang sesuai untuk mengukur pencapaian tujuan pembelajaran. Selanjutnya susun rubrik atau kriteria penilaian dengan jelas dan pastikan ATP mencakup berbagai jenis penilaian, seperti ujian, tugas, proyek, dan evaluasi kinerja.

6.      Pembuatan modul, langkah pertama dengan melakukan perincian materi pembelajaran ke dalam modul-modul yang terstruktur. Sertakan aktivitas, contoh, dan latihan-latihan yang mendukung pemahaman siswa. Pastikan modul dirancang dengan antarmuka yang bersih dan mudah dipahami.

7.      Integrasi teknologi (jika diperlukan), jika memungkinkan, pertimbangkan penggunaan teknologi untuk meningkatkan pengalaman pembelajaran, seperti video, simulasi, atau platform pembelajaran daring.

8.      Uji coba dan evaluasi, uji coba kurikulum, ATP, dan modul pada kelompok kecil siswa atau rekan sejawat kemudian perbarui dan sesuaikan berdasarkan umpan balik yang diterima.

9.      Implementasi dan pemantauan, terapkan kurikulum dan modul dengan memantau respons siswa. Lakukan evaluasi formatif secara berkala dan sesuaikan sesuai kebutuhan.

10.  Refleksi dan pengembangan berkelanjutan, refleksikan pengalaman pembelajaran dan hasil evaluasi, serta lakukan perbaikan atau penyesuaian untuk pengembangan berkelanjutan.

11.  Pelibatan stakeholder, seperti guru, orang tua, atau siswa dalam proses penyusunan untuk mendapatkan masukan yang berharga.

Penting untuk diingat bahwa setiap langkah harus disesuaikan dengan kebutuhan dan konteks pendidikan spesifik. Keterlibatan guru dan pihak-pihak terkait dapat meningkatkan kualitas dan penerimaan dari CP, ATP, dan Modul yang disusun.

Bagi yang mengikuti WEBINAR bisa klik tombol di bawah ini !!!



Jangan lupa mengisi DAFTAR HADIR bisa klik tombol di bawah ini !!!



SERTIFIKAT WEBINAR bisa diakses melalui link di bawah ini !!!

1 Response to "Langkah Mudah Menyusun CP, ATP, dan Modul"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel