Memasang Kode Pelacakan dari Google Analytics

Link sudah terenkripsi, bertujuan agar link aman untuk dikunjungi. Tunggu hingga loading selesai

Memasang Kode Pelacakan dari Google Analytics ke Blogspot, Kode Pelacakan Google Analitik ke Wordpress.

Celotehanhakim.blogspot.com - Hai semuanya, nah kamu pernah bingung gak terkait google analytics? Bagaimana sih cara menggunakannya? Apa sih gunanya? Hemmm sama deh, nah mana kali ini aku akan menjelaskan apa itu google analytics dan bagaimana cara memasang kode pelacakan ke blog.

1. Apa itu Google Analytics

Dari Wikipedia, maka Google Analytics layanan gratis dari Google yang menampilkan statistik pengunjung sebuah situs web. Google Analytics dapat menelusuri pengunjung berdasarkan informasi halaman pengacu, termasuk mesin pencari, iklan, jaringan pay-per-click, email marketing, dan juga tautan yang terkandung dalam dokumen PDF. 


Jika diintegrasikan dengan AdWords, Google Analytics juga bermanfaat untuk menganalisis efektfitas iklan AdWords yang dipasang di Google. Dengan Google Analytics, pengguna dapat mengetahui iklan dan kata kunci apa yang paling banyak merujuk ke situs web pengguna. Aplikasi Google Analytics dapat di akses melalui alamat google.com/analytics/

2. Kegunaan Google Analytics

Masih dari Wikipedia, Google Analytics juga digunakan untuk mengetahui kepadatan trafik dari website/blog. Dengan menggunakan Google Analytics seseorang dapat membuat report tentang trafik website/blog dalam jangka waktu harian, mingguan, atau bulanan. Untuk mendaftar pada Google Analytics, seseorang hanya perlu memiliki akun Google.

3. Cara Menambahkan Situs, Web ke Google Analytics

Cara menambahkan situs, web, blog ke google analitik adalah sebagai berikut, hal itu sangatlah mudah, hal yang paling awal tentunya adalah masuk dulu ke dasbor Google Analytics.
  1. Klik bagian icon bergerigi dengan keterangan admin
  2. Buat properti
  3. Tambahkan nama
  4. Tambahkan alamat web/situs/blog
  5. Pilih jenis/kategori industri
  6. Simpan
  7. Hal selanjutnya tinggal memasukan kode pelacak ke blog

4. Memasang Kode Pelacakan dari Google Analytics

Untuk memasang kode pelacak sesungguhnya sangatlah mudah, hal ini bila kamu tahu bagaimana caranya, lalu bagaimana caranya? Nah untuk hal tersebut kamu bisa simak tulisan lanjutan mas Hakim ini yak.

a. Masuk analytics.google.com lalu klik bagian icon bergerigi lagi
b. Lihat bagian properti
c. Lalu lihat info pelacakan
d. Klik kode pelacakan, maka kodenya akan munucl dibagian kanan
e. Salin kode tersebut
f. Masuk blogger.com, edit template, pilih html
g. Cari kode <head>
h. Taruh kode pelacakan pas dibawah bagian <head>
i. Kemudian simpan

Nah inilah cara memasang kode pelacakan dari google analitik, mudah bukan? Bagi kamu yang masih kesulitan bisa melakukan cara diatas, jangan lupa share tulisan ini pada teman-temanmu dan jangan lupa komentar dibawah bila ada yang perlu kamu tanyakan.

Penulis @hakimlfc13

0 Response to "Memasang Kode Pelacakan dari Google Analytics"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel